Sabtu, 03 Juni 2017

KELAS TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4

Tujuan Pembelajaran

1.  Dengan menyusun kegiatan waktu luang, siswa dapat melaksanakan kegiatan di waktu luang dengan disiplin.
2.  Dengan melaksanakan kegiatan di waktu luang, siswa dapat menentukan kegiatan waktu luang yang menyehatkan dengan tepat.
3.  Dengan membaca teks  laporan mengenai kegiatan di musim kemarau dan musim hujan, siswa dapat menentukan gagasan pokok pada teks laporan dengan cermat.
4. Dengan mengidentifikasi kegiatan ibadah, siswa dapat melakukan pengamatan pengamalan sila pertama Pancasila dengan cermat.


Kompetensi Dasar

PJOK

3.8 Mengetahui konsep kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.

4.8 Mempraktikkan pemenuhan kebutuhan istirahat, tidur, dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan.

PPKn

3.1  Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.

4.1  Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan        dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.

BAHASA INDONESIA

3.1 Menggali informasi dari teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.1 Mengamati dan mengolah  isi teks laporan informatif hasil observasi tentang perubahan wujud benda, sumber energi, perubahan energi, energi alternatif, perubahan iklim dan cuaca, rupa bumi dan perubahannya, serta alam semesta secara mandiri dalam bahasa Indonesia dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.


Indikator


PJOK


3.8.2 Peserta didik mampu menjelaskan konsep kebutuhan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan dengan baik dan benar.

4.8.4 Peserta didik mampu mempraktikkan pemenuhan kebutuhan waktu luang untuk menjaga kesehatan dengan baik dan benar


PPKn


3.1.2 Peserta didik mampu menjelaskan makna simbol sila pertama Pancasila dengan baik dan benar.

4.1.2 Peserta didik mampu  melakukan pengamatan tentang perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila pertama Pancasila dengan baik dan benar.


BAHASA INDONESIA

3.1.9  Peserta didik mampu mengidentifikasi teks laporan informatif tentang perubahan  iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat. 

4.1.11  Peserta didik mampu menceritakan kembali isi teks laporan informatif tentang  perubahan iklim dan cuaca secara lisan atau tulis dengan tepat.




 -MATERI-


^AYO LAKUKAN!^

Apa kegiatan yang paling kamu sukai saat jam istirahat di sekolah?









Apakah ada temanmu yang senang bermain bola saat jam istirahat di sekolah?




Lakukanlah pengamatan saat jam istirahat sekolah. Lengkapilah tabel di bawah sesuai hasil pengamatanmu!



^AYO MEMBACA!^

Gambar 18: Musim Hujan 
Sumber: http://www.gambarzoom.co
Kegiatan di Musim Kemarau dan Musim Hujan

    Perubahan musim yang terjadi di Indonesia, menyebabkan kondisi lingkungan yang berbeda pada musim kemarau dan musim hujan. Saat musim kemarau udara terasa panas sehingga banyak daun yang berguguran. Tanah pun banyak yang retak. Karena jarang turun hujan, mata air pun mengering. Musim hujan, hujan sering turun, sehingga banyak terdapat persediaan air. Udara pun terasa dingin. Kegiatan bertani banyak yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. Para petani dapat menjemur padi saat musim kemarau. Panen sayuran dan buahbuahan pun dapat dilakukan pada musim kemarau.

Saat musim hujan, petani akan menanam padi dan tanaman lain seperti tanaman sayuran dan buah-buahan. Kegiatan siswa di sekolah pun dapat menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Bermain sepak bola, bola basket di lapangan adalah contoh kegiatan yang dapat dilakukan di musim kemarau. Jika musim hujan tiba, membaca buku, bemain congklak, atau bola bekel dapat dilakukan di dalam ruangan.

(Sumber Buku Tematik)

^AYO BERCERITA !^


     Di depan teman-temanmu, ceritakanlah kembali tentang kegiatan di musim kemarau dan kegiatan di musim hujan !


^
AYO AMATI !^



    Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan berbagai musim agar manusia dapat melakukan banyak aktivitas dengan baik. Kita harus mensyukuri nikmat Tuhan. Beribadah dan tidak merusak lingkungan adalah cara mensyukuri nikmat dari Tuhan.


                                                                                 (Sumber Buku Tematik)





Amatilah tabel kegiatan temanmu!



Apakah ada kegiatan temanmu yang mensyukuri nikmat Tuhan yang Maha Esa?
 
Berikanlah pendapat tentang kegiatan temanmu!


-LEMBAR PENILAIAN-



Untuk lebih lanjut, penulis menyajikan file lembar kerja peserta didik kurikulum 2013 Kelas 3 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1 s/d 6 yang dapat di download di bawah ini !

0 komentar:

Posting Komentar